Minggu, 08 Mei 2016

Kenapa bioskop itu Cinema 21 dan Cinema XXI ?

Kenapa bioskop itu Cinema 21 dan Cinema XXI ?

Cinema 21 dan XXI

Halo sobat kenapain :) , tau gak sih kenapa bioskop itu namanya ada yang cinema 21 dan cinema XXI ? Padahal kan XXI itu artinya 21, kenapa yang satu harus ditulis dalam angka romawi ? Emangnya beda ya bioskopnya ? Sobat kenapain ada yang tau ? Jangan-jangan nanti bakal muncul Cinema ٢١ (21 dalam angka arab) yang memutar film-film religi atau film-film arab gitu. atau malah cinema にじゅうyang isinya artis-artis jepang *if you know what I mean* 

Mungkin sobat kenapain blm tau apa perbedaannya, bingung kalau mau nonton sama pacar gitu, yang satu pengen ke XXI yang satu bilang pengen ke 21, dan akhirnya CIVIL WAR. wkwkwkwk... Kan aneh ya sob kenapa gitu mesti dibedain kalau toh sama aja. Pasti ada sesuatu nih diantara Cinema 21 dan Cinema XXI. Ada Apa Dengan Cinta XXI ? Sobat kenapain yang sudah penasaran langsung saja simak pembahasan dibawah ini, Cekidot !

Di era 1990-an, kompleks bioskop 21 sangat berjaya, bahkan jadi salah satu daya tarik utama pusat keramaian di kota-kota besar sob. Namun, memasuki tahun milenium baru, muncul label kompleks bioskop yang baru, yaitu XXI. Bioskop XXI sebenarnya adalah 21 dalam wajah baru. Pada dasarnya dua angka ini sama, dibaca 'dua puluh satu', yang satu menggunakan angka hindu arab sedangkan yang terbaru menggunakan angka romawi. Bioskop XXI memang sekilas tampak lebih mewah daripada bisokop  21 sob. Akan tetapi, sebenarnya tidak ada perbedaan berarti dan  mencolok mata dari keduanya, baik dari fasilitas, pelayanan, maupun harga tiketnya. Lah terus apa yang membuat bioskop 21 dengan XXI berbeda ya sob ?

Setelah melakukan wawancara sercing tentang Corporate Secretary Cinema 21,didapatkan bahwa cinema XXI adalah langkah rebranding dari Cinema 21 yang telah berlangsung sekitar satu dekade lebih ini. "Sebenarnya bioskop XXI maupun 21 itu sama saja. Kami berharap, tiga empat tahun ke depan 21 sudah hilang semua, jadi XXI," ungkap Catherine (Corporate Secretary Cinema 21).
Catherine mengatakan bahwa langkah ini akan dilakukan, mengingat usia brand 21 yang telah cukup lama. Brand 21 sendiri sudah digunakan sejak dahulu, tepatnya muncul tahun 1987 sebagai bioskop pertama kali di Indonesia dengan konsep multipleks, yaitu satu lokasi bioskop yang memiliki lebih dari satu layar. Sebelumnya, bioskop lebih banyak tersedia dengan konsep satu layar atau single-screen. "Setelah ada multipleks 21, semua tempat akan kami kembangkan jadi 21. Tahun 2004, kami akan melakukan rebranding. Kami akan upgrade semuanya secara interior, termasuk logonya, berubah jadi XXI," jelas Catherine.

"Jadi, hampir semua 21 dalam 10-11 tahun ini kami usahakan sudah upgrade ke XXI. Memang masih ada bioskop yang belum kami upgrade, karena di satu sisi kami ekspansi terus, di sisi lain kita coba upgrade bioskop yang sudah ada. Tapi memang belum semua ter-handle. Inginnya sih semua dalam satu-dua tahun, tapi kan nggak bisa. Pasti ada yang masih tertinggal dan belum di-upgrade," jelas Catherine lagi.


Sekedar informasi, bioskop pertama dengan brand XXI berada di pusat perbelanjaan Plaza Indonesia EX, Jakarta, yang kini sudah ditutup karena gedungnya dialihfungsikan sejak tahun 2014. Setelah itu, secara kontinyu bioskop-bioskop baru yang dikelola grup Cinema 21 dibangun dengan brand XXI, serta perlahan beberapa bioskop 21 sudah ada berubah jadi XXI. Sampai saat ini, grup 21 menjadi jaringan bioskop terbesar dengan memiliki lebih dari 750 layar dan tersebar di berbagai lokasi di seluruh Indonesia, baik dalam brand 21 maupun XXI, juga bioskop kelas khusus The Premiere dan IMAX.


Bagi yang sudah kebacut atau telanjur terikat dengan brand cinema 21, siap-siap untuk mengucapkan “good bye” dalam beberapa tahun mendatang. Sobat kenapain sudah paham kan perbedaan Cinema 21 dan Cinema XXI ? Kalau puyeng bacanya ane jelasin lagi, gampangnya gini sob Cinema XXI itu upgradenya Cinema 21 gituu.


Perbedaan lain menurut para penonton, bapak-bapak, ibu-ibu, semua yang ada disini... Kalau Cinema 21 itu lebih fokus ke pemutaran film-film Indonesia sob, sedang Cinema XXI kebanyakan film-film bollywood, eh maksudnya hollywood. Oh iya, di cinema 21 dan cinema XXI ternyata ada misterinya sob, misteri tentang bangku " I ", sobat kenapain bisa baca disini " Kenapa huruf "I" di kursi bioskop tidak ada ? ".


Sobat kenapain sudah tau kan apa bedanya Cinema 21 dengan Cinema XXI ? Yang cowok jangan berantem lagi ya sama pacarnya, kalian kan sama-sama cowok jadi jangan berantem.. wkwkwkw..