Rabu, 11 Mei 2016

Kenapa kita bersin ?

Kenapa kita bersin ?


Halo sobat kenapain :) , tau gak sih kenapa kita bisa bersin ? Artikel ini mirip sama artikel Kenapa kita bisa batuk sob, cuman bedanya disuara aja. Kalau batuk kan suaranya "uhuek hoek" kalau bersin suaranya "Ahiiii, Hachiii, Hannnjeeenngggg" .. wkwkwwk. Karena sudah ane kasi bocoran, sobat kenapain pasti udah bisa nebak-nebak ni kenapa kita bisa bersin.. Yak bener, kita bersin karena kita kurang jaga kesehatan sob.. haaaaaaaaaaaaaaaaaaaa..

Sobat kenapain, seperti halnya batuk, bersin itu ga berbahaya kok., itu tanda reflek dari tubuh kita karena kemasukan benda asing di lobang hidung sob. Ga heran tuh yang lobang hidungnya gede jadi sering bersin, lubang idungnya aja gede apalagi upilnya ye.. Jangan-jangan itu kalau ngupil pake jempol muat, jempol kaki makin afdol.. wkwkwk.

Sobat kenapain, sebelum masuk ke pembahasan kita kenalan dulu dengan bersin, bersin itu apa sih ? Bersin makin lama makin langka lho so, lho kok bisa ? Ya bisa dong, kendaraan bermotor makin lama kan makin banyak, otomatis bersin makin dikit dong :P . Oke cukup sudah ngelanturnya.

Jadi gini sob, ane jelasin pake bahasa yang agak berat ni., siapin konsentrasinya. Bersin itu keluarnya udara semi otonom yang terjadi dengan sangat keras lewat hidung dan mulut. Disebut udara semi otonom kemungkinan karena udara tersebut minta untuk dikeluarkan dari hidung tanpa dikendalikan sob, tapi kita masih bisa mengontrol untuk mengeluarkannya atau tidak. Bersin itu timbul sebagai upaya penolakan tubuh terhadap benda asin asing yang dapat mengganggu atau merusak tubuh seperti bakteri, virus, dsb. Maka dari itulah ketika bersin sebaiknya kita menggunakan tisu, bukan langsung memakai tangan sendiri sob, apalagi tangannya mantan :D, karena ya itu tadi, yang dikeluarkan adalah bakteri atau virus. Menurut penelitian, butiran debu air yang dikeluarkan dalam satu kali bersin mencapai 40 ribu rupiah  butir air dan telah terinfeksi baik itu oleh bakteri atau virus. Sekali bersin aja 40rb, gimana kalau bersin seharian, bisa kaya mendadak sob.. wkwk..

Sebenarnya bersin adalah sebuah pertanda bahwa kita ini sehat lho sob. Sehat dalam arti mekanisme tubuh kita yang berjalan dengan lancar sempurna. Bersin sebagai sebuah reaksi tubuh dikarenakan adanya ketidakberesan dalam saluran pernapasan. Mungkin ada debu, kotoran, bau mantan dari udara yang kita hirup yang tidak tersaring dan ikut masuk sehingga tubuh secara spontan akan bereaksi mengeluarkan kotoran atau bakteri melalui bersin sob. Di dalam hidung, udara yang masuk akan dihangatkan sampai mendekati suhu tubuh. Kemudian diberi kandungan air sampai mendekati kejenuhan (jenuh bahasa kimia) dan dibersihkan lagi sehingga udara yang masuk ke paru-paru bebas dari benda asing. Bila udara sangat berdebu, sangat dingin atau mengandung banyak uap atau zat yang merangsang, ujung syaraf dihidung akan terangsang. Akibatnya refleks bersin akan terjadi untuk membersihkan hidung. Inget sob yang terangsang itu yang dihidung bukan yang laen.

Oh iya setiap kali bersin pasti mata kalian merem melek, ya kan.. kenapa kok bisa gitu ? Jawabannya ada di "Kenapa kita merem saat bersin ?" nih sob. Tenang aja , makin banyak baca di blog ini maka makin gajelas banyak tau sob.. amin. Lanjuuutttt..

Seandainya mekanisme ini tubuh tidak berjalan sempurna maka debu dan kotoran yang tak tersaring akan bertumpuk di paru-paru sob. Bayangin aja apa yang terjadi dengan paru-paru kita yang dipenuhi oleh zat-zat tersebut, hiiiiiii. Kotoran yang berhasil disaring oleh  hidung atau lazim disebut sebagai “harta karun” (baca : upil) kalau bertumpuk dan sempat transit di hidung biasanya bikin hidung gatel sob, alhasil orang pun pada akhirnya akan mengeluarkannya dengan memanfaatkan jari tangannya dan mencari harta karun (Baca : Ngupil).

Jadi beruntunglah sob bagi temen sobat kenapain yang punya bulu hidung lebat sampe tumpeh-tumpeh keluar, itu adalah anugrah terindah sob. Sudah dapat dipastikan temen sobat kenapain itu banyak rejeki, banyak upilnya.. wkwkwwk. Bulu hidung lebat otomatis saringannya lebih manteb dong. Apalagi kalau ditambahin krim wak bonyok penumbuh rambut tuh lho.. beeuuuhhhh masuk rekor muri deh itu temennya.

Bersin itu sehat sob, tapi apa yang akan terjadi jika kita bersin disaat lagi eek ? Jangan-jangan tuh tai ikutan keluar dari hidung. Kan berabe tuh kalau bersin disaat-saat kritis begono. Lalu apakah tidak apa menahan bersin ? Wah makin banyak pertanyaan aja ya sob.. tenang, makin banyak tanya maka kita makin keliatan bodonya banyak tau sob.

Mengingat bersin adalah suatu respon penolakan gebetan tubuh terhadap bakteri atau virus atau lagi ada yang ngomonin kita, maka menahan bersin itu ga baik sob buat kesehatan. Bersin kan mengeluarkan bakteri/virus yang masuk, nah kalau ga bersin ? Ya sama aja membiarkan bakteri/virus masuk ke dalam tubuh dong. Mumpung ane baek, nih sob ane kasi bocoran beberapa resiko terlalu sering menahan bersin :   


  1. Menyebabkan patah tulang hidung
  2. Mimisan
  3. Gendang telinga pecah
  4. Gangguan pada fungsi pendengaran
  5. Vertigo
  6. Emfisema (retina terlepas)


Widiw, serem ya sob. Sebisa mungkin jangan ditahan deh kalau bersin, walaupun itu lagi di bus trus depan sobat ada orang, ga usah tahan bersin, lepaskanlaaaaahhhh.... Tapi kalau mau bersin tapi ga jadi sih ga apa-apa sob, palingan kecewa doang. Sobat kenapain udah biasa kan kecewa sama gebetan karena di PHP, jadi kalau cuman gagal bersin mah kecil.. palingan kaya gini ekspresi sobat kenapain



meme bersin



atau kayak gini



meme bersin


Bayangin deh itu anak lagi ada disebelah sobat kenapain trus kaya gitu, bisa kesedot kayaknya sob >.< . Udah ga usah diliatin terus gambarnya, tar ditiru lagi ekspresinya.. hohoho. Oh iya ada yang kelupaan, pernah ga sobat kenapain ngeliat matahari langsung atau ga liat cahaya yang menyilaukan secara langsung lalu rasanya pengen bersin gitu.. apalagi kalau melihat cahaya cinta perlahan menyilaukan, itulah mimpi kehidupan kedua, mimpi itu.. darimana datangnyaa.. ooooo.. hohoho. Kalau penasaran habis ini langsung aja ke TKP " Kenapa bersin saat melihat cahaya ? ".

Begitulah sobat kenapain kenapa kita bersin, jadi udah pada tau kan ya kenapa kita bisa bersin. Itulah sebabnya kalau sehabis bersin kita bersyukur kepada tuhan, kalau yang islam mengucap "alhamdulillah". Karena bersin itu mengeluarkan bakteri atau virus dari dalam tubuh kita sob, jadi terhindar dari bakteri di hidung. Oh iya ada yang kelupaan dikit sob, ini yang penting. Saat bersin jangan sekali-kali mencoba membuka mata sob, katanya sih ntar matanya bisa copot. Trus jangan julurin lidah, soalnya bisa kegigit trus putus. Nah yang terakhir ini jangan sambil berak sob, tar kejadian kaya di artikel "Kenapa bisa cegukan ?" lagi, wkwkwwk....