Kamis, 16 Juni 2016

Kenapa lumba-lumba suka meloncat ?

Kenapa lumba-lumba suka meloncat ?

moster laut

Halo Sobat Kenapain :) , Tau gak sih kenapa lumba-lumba itu suka meloncat keluar air ? Tau lumba-lumba kan sob ? Lumba-lumba itu apa hayoo. Pasti pada jawab ikan kan. YAK Jawaban sobat ternyata salah.. teetttooottttt !!. Yang masih bilang lumba-lumba adalah ikan berarti belum sering buka kenapain nih, ketahuan.

Lumba-lumba itu hewan yang hidup di air sob. Lah trus hewan hidup di air bukan ikan ? Yaaaa.. ga semua hewan yang hidup di air itu ikan sob. Nah lumba-lumba ini salah satunya. Lumba-lumba ini bukan termasuk jenis ikan sob, tapi lumba-lumba adalah hewan mamalia. Nah lo mamalia itu apaan yak ? Ini ada di pelajaran waktu sekolah dulu sob, duh. Mamalia itu mamanya lia sob. Sory becanda. Mamalia adalah hewan yang menyusui sob, biasanya tubuhnya ditutupi rambut. Ciri-ciri mamalia sendiri banyak sob, bisa searhing di mbah google. Sekedar contoh mamalia buat yang penasaran..

monyet minum susu

Gimana sob, brasa ngaca ya ? wkwkwk. Yak sekarang sobat kenapain jadi tau kan, gambar diatas adalah salah satu contoh hewan mamalia sob. Lah kok ga mirip ama lumba-lumba ? Emang ga mirip sob, tapi berdasarkan klasifikasinya, lumba-lumba termasuk kedalam hewan mamalia, gitu sob.

Sekaran sobat sudah tau kan apa itu lumba-lumba. Paling ga tambah tau lah kalau lumba-lumba itu bukan ikan, tetapi hewan mamalia. Nah kalau sudah tau sekarang kita lanjut sob. Kenapa lumba-lumba sering muncul di permukaan ? sering loncat-loncat keluar air gitu. Gapapa lah yah loncat-loncat di air, daripada ngambang di air ntar kayak artikel ini nih kenapa eek mengambang ? Yang belum tau mari kita simak penjelasannya dibawah ini.. Cekidot !

lumba-lumba lucu

Ternyata lumba-lumba memiliki ekor yang pipih horizontal sob, bukan vertikal seperti ikan-ikan di lautan. Lumba-lumba berenang dengan mengayunkan ekornya ke atas dan ke bawah. Ketika berenang dengan cepat, mereka melompat keluar air sob (Nah sudah mulai terjawab nih pertanyaannya). Kenapa mereka keluar dari air ? Mungkin sobat kenapain sudah menerka-nerka jawabannya, clue.nya ada di atas tadi sob.

Yak benar sob.. (apaan sih). Jawabannya itu seperti yang dijelaskan di atas tadi sob. Lumba-lumba itu bukan ikan, karena mereka bukan ikan jadi mereka bernafas tidak seperti ikan sob, tetapi seperti mamalia. Udah pada pinter nih kayaknya.. wkwkwk. Lumba-lumba keluar dari air untuk bernapas sob. Selain itu lumba-lumba juga menghemat energi karena saat di udara lumba-lumba lebih bebas bergerak daripada saat di air sob.

Lumba-lumba itu termasuk mamalia laut yang sangat cerdas lho sob, selain sistem alamiah tubuh lumba-lumba yang sangat komplek, lumba-lumba juga memiliki sistem sonar sob. Sistem sonar itu berguna untuk menghindari benda-benda yang ada di depan lumba-lumba, sehingga bisa terhindar dari benturan sob., Keren kan.

Dikarenakan lumba-lumba memiliki banyak kelebihan, maka banyak ilmuwan menciptakan alat-alatnya terinspirasi dari lumba-lumba sob. Contohnya adalah kulit lumba-lumba yang dapat memperkecil gesekan dengan air sob. Hal ini menyebabkan lumba-lumba dapat berenang dengan sedikit gesekan atau hambatan air. Nah dari kulit lumba-lumba aja udah menginspirasi para ilmuwan untuk membuat baju renang dengan desain yang mirip dengan kulit lumba-lumba sob..

Tadi kan sudah dijelaskan bahwa lumba-lumba juga memiliki kemampuan memancarkan sonar. Hal ini juga menginspirasi para ilmuwan dalam pembuatan kapal selam sob. Kapal selam buatan ilmuan ini menggunakan teknologi sonar seperti lumba-lumba aga kapal tersebut dapat mendeteksi benda-benda yang berada di dekatnya sob.. selain kapal selam ada juga kapal terbaru sob yang terinspirasi dari lumba-lumba. Ini dia penampakannya

kapal lumba-lumba


ada lagi nih sob..


kapal lumba-lumba

Lumba-lumba juga melambangkan persahabatan sob.  Dikarenakan sosoknya yang lucu, imut, ngegemesin, ramah, baik hati, suka menolong, dan rajin menabung, maka manusia cepat akrab dengan hewan yang satu ini sob. Tau gak sih sob, ternyata lumba-lumba itu suka menolong orang yang tersesat dilautan. Menurut penelitian yang telah dilakukan oleh pihak militer AS, lumba-lumba akan menunjukkan jalan ke arah tepi sob. Ga hanya manusia sob, kapal-kapal dilautan pun sering diiringi oleh lumba-lumba lho. Coba deh liat film-film luar negeri yang pas lagi dikapal, kadang ada lumba-lumba disamping kapal atau di depan kapal gitu sob, trus ada pasangan cowok cewek liatin tuh lumba-lumba saat matahari terbenam.. habis itu yah bisa tau sendiri lah ya film barat kayak gimana.. habis itu disensor sama tivi.. wkwkwk

kapal lumba-lumba

Selain memiliki kecerdasan, otak lumba-lumba juga terbagi menjadi 2, yaitu sisi sebelah kanan dan sisi sebelah kiri. Kedua otak lumba-lumba ini bekerja secara terpisah sob. Cara kerjanya juga bergantian, 8 jam kedua otak lumba-lumba bekerja bersamaan, 8 jam otak kiri bekerja dan otak kanan tidur, 8 jam lagi gantian otak kanan bekerja dan otak kiri tidur.. wuiihh keren ya sob. Itulah sebabnya sob lumba-lumba tidak tidur kaya kita sob yang doyan tidur.. Bayangin aja lumba-lumba lagi asik berenang tiba-tiba ngantuk trus ketiduran, bangun-bangun udah sampai dasar laut gelap gulita.. hiiii.

Karena kecerdasan lumba-lumba inilah yang menyebabkan banyak sirkus-sirkus yang menggunakan lumba-lumba. Dengan kecerdasan lumba-lumba dan ketangkasannya, lumba-lumba menjadi salah satu hewan yang mudah dilatih manusia sob.. sudah tau kan kenapa sering muncul lumba-lumba di sirkus.

meme lumba-lumba

Dan yang terakhir nih sob, kelebihan lumba-lumba juga menginspirasi orang indonesia lho sob.. apa hayooo. Kalau yang lahir tahun 90an kebawah udah bisa nebak nih kayaknya.. di indonesia sendiri lumba-lumba menjadi inspirasi bondan winarno prakoso dalam menyanyikan lagunya sob.. YAP.. si hitam dari laut jawa ! si lumba-lumba.. makan dulu.. si lumba-lumba.. minum dulu.. si lumba-lumba.. berak dulu.. gitulah sob

si lumba-lumba bondan

Taraaaa.. akhirnya sampai pada penutup. Jadi sobat kenapain sudah tau kan kenapa lumba-lumba sering meloncat ke permukaan air. Sudah tambah ilmu kan sob ? sudah banyak tuh dijabarin diatas, kalau lupa tinggal buka lagi deh blog kenapain sob.. hehehe.

Untungnya yang sering loncat dari air cuman lumba-lumba ya sob. Bayangin kalau lagi naik kapal, disamping kapal tiba-tiba muncul ginian.. bisa berabe.

lumba-lumba loncat

Atau malah yang ini sob.. wkwkwk

lumba-lumba loncat

Okedeh, sekian dulu sob artikel tentang lumba-lumba. Oh iya pokoknya sering-sering tongkrongin kenapain deh sob, banyak artikelnya dan update tiap hari loh. Bisa cari-cari kategori artikel yang pengen dibaca diatas sendiri tuh, ada SAINS, trend, UMUM, dll. Sering-sering kesini deh, ga rugi, yang ada sobat kenapain jadi tambah wawasan dan ilmu. Sampai ketemu di artikel berikutnya ya.. DAAAAAAAA