Kamis, 02 Juni 2016

Kenapa air laut asin ?

Kenapa air laut asin ?
https://1.bp.blogspot.com/-s-W0gwaEh-c/V0-8ZkkbiOI/AAAAAAAAAGg/AYFK0y5ODfIE24q7Hqp5eW39z8V8LGrXgCLcB/s320/laut%2Basin.png

Halo sobat kenapain :) .  sory ya lama ga ngepost, ane lagi sibuk soalnya (Baca: Sok Sibuk), maklumlah ane kan pengacara getoo (pengangguran banyak acara). Ga krasa udh 3 minggu lebih ga ngepost di blog, nah sekarang ngepost deh :D. Sobat kenapain tau gak sih kenapa air laut itu asin ?

Apa iya jaman dulu lautan itu ditaburi garam saat pembuatannya, kenapa ga gula aja yak.. wkwkwk. Palingan nek air laut manis yg renang bukan ikan tapi semut-semut nakal.. sukanya menggoda aku..

https://2.bp.blogspot.com/-wznpgziRTDo/V0_PTikgsSI/AAAAAAAAAG8/Dn_STf2caZwlvkrZu8eG4nbqkYrgtwyRwCLcB/s320/semut.png
Yang ga tau, itu tadi lagunya eno lerian sob, judulnya nyamuk-nyamuk nakal.. ketahuan kan ane udah tua ternyata.. wkwkwk.
Oke cukup sudah mengenang masa lalu yang gembel.. Sobat kenapain masih belum tau ya kenapa laut itu rasanya asin ? Denger-denger sih rasa asin itu tercipta karena banyak ikan renang dilautan sob, nah ikan kalau renang kaga istirahat kan ye, dan ikan di lautan itu banyak bet sob, saking banyaknya ikan makanya keringet ikan jadi banyak sob air pipisnya jugaa, jadilah air laut rasanya asin.. taraaaaa.

Yak sepertinya sudah mulai ngaco seperti biasanya, ini dia sob yang udah ditunggu-tunggu, kenapa air laut rasanya asin ? Fenomena air laut kenapa rasannya asin, berikut peneturannya sob.

Sebetulnya rasa asin pada air laut berasal dari daratan, kronologisnya begini (ciadow)... Pada saat hujan, air akan meresap dalam tanah dan sedikit demi sedikit akan menjadi bukit keluar lagi melalui sungai - sungai sob, dan akhirnya mencapai lautan. Nah saat perjalanan menuju ke laut, air dari daratan juga membawa garam - garam mineral sob, sehingga laut dipenuhi garam - garam mineral. Kita tahu bahwa laut mempunyai permukaan yang luas sehingga menjadi salah satu faktor penguapan yang cukup besar, pada saat air laut menguap hanyalah H20 (air) sedang garam-garam mineral yang tetap tinggal bersama air laut, begitulah sob ceritanya, sehingga air laut rasanya asin. Kadar keasinan air laut ini dipengaruhi oleh banyaknya ikan faktor suhu sob, biasanya semakin panas daerah tersebut air lautnya semakin asin, gitu.

Lalu kenapa air di danau itu tidak berasa asin ya ? ciee pada mau nanyain itu kan, hahaha (sok tau banget). Padahal kan air danau juga dari daratan, tapi kok ga asin ? Jawabannya masih ada hubungannya sama pemaparan tadi sob, karena permukaan air danau tidak cukup luas sehingga penguapannya tidak begitu besar, maksudnya air yang menguap dengan air yang masuk ke danau-danau masih seimbang, dan sumber mineralnya sangat terbatas sob, berbeda dengan laut yang sumber mineral dari berbagai penjuru dunia ini menjadi satu.  Wow. Denger-denger danau di indonesia itu angker-angker sob, mistis gitu.. contohnya ni danau toba, konon siapapun yang berenang di danau toba pasti ga lama kemudian akan mati sob, jika ia tidak bisa berenang..


https://3.bp.blogspot.com/-PCENueX_jvg/V1EdWmYNRiI/AAAAAAAAAHY/2LR7eJqfp5cS2Eq-D37x50AjVP_p0hEPACLcB/s320/Bf3V9UUCEAAPwTr.jpg

Balik lagi ke laut sob, ente kan cewek matre yak, jadi kelaut aje :P . Air laut adalah air dari laut (ya iyalah) atau samudera. Sob, air laut memiliki kadar garam rata-rata 3.5%. Artinya di dalam 2,5 liter (2500 ml) air laut terdapat 60 gram garam (terutama, namun tidak seluruhnya, garam dapur/NaCI). Walaupun kebanyakan dari air laut di dunia memiliki kadar garam sekitar 3,5%, air laut juga berbeda-beda kandungan garamnya sob. Yang paling tawar adalah di timur teluk finlandia dan di utara Teluk Bothnia, keduanya bagian dari Laut Baltik. Yang paling asin adalah dari Laut Merah, dimana suhu tinggi dan sirkulasi terbatas membuat penguapan tinggi dan sedikit masukan air dari berbagai sungai-sungai. kadar garam di beberapa danau dapat lebih tinggi lagi. 

Air laut memiliki kadar garam karena di bumi dipenuhi dengan garam-garam mineral yang terdapat dalam batu-batuan dan tanah sob. Contohnya natrium, kalium, kasium, dll (dan lainnya lupa). Apabila air sungai mengalir ke lautan, air tesebut membawa garam. Ombak laut yang memukul pantai juga dapat menghasilkan garam-garam yang terdapat pada batu - batuan. Lama-kelamaan air laut menjadi asin karena banyak mengandung garam. 

Begitulah sob ulasan mengenai kenapa air laut asin :) , sebagai penutup ane kasi pantun, dalemnya laut dapat diukur, tapi dalemnya saku ane siapa yang tau ?

https://4.bp.blogspot.com/-LYubzq-E_Ww/V1Ee9NKQunI/AAAAAAAAAHk/3P7z1KP4K80z6Dm0TUnAUAVRMrIOQCSoQCLcB/s320/Instagram-Daleman-mana-Hhhaha-2cde6f.png