Selasa, 14 Juni 2016

Kenapa namanya harta karun ?

Kenapa namanya harta karun ?

penemuan harta karun di indonesia

Halo sobat kenapain, tau gak sih kenapa namanya harta karun ? kenapa namanya bukan harta rampasan aja, atau harta gono gini. Ada yang tau ga sob ? penamaan harta yang ditemukan di pinggir jalan, di tengah lautan, di dalam hidung, biasanya disebut harta karun. Pasti sobat kenapain pernah denger kan, kalau yang suka lihat film atau kartun tentang bajak laut pasti sudah tidak asing lagi, ya iyalah.. orang kalau bajak laut itu kan membajak laut untuk mencari harta karun..

Jadi gini sob, ternyata penamaan “harta karun” tersebut bukan sembarang nama sob, ada asal usulnya.. ada sejarahnya kenapa bisa dinamakan harta karun. Coba deh tebak kaitannya dengan apa hayoo ? pelajaran matematika kah ? sosial kah ? hmm…

Ane kasi bocoran dikit deh,  asal usul penamaan harta karun itu berawal dari pelajaran agama islam sob. Nah yang muslim tapi ga tau sejarah harta karun udah ga usah ditanya lagi, pasti sering bolos pas TPA dan ngaji.. ya kaannn.

Sejarah terciptanya nama harta karun itu sendiri berasal dari Al-Qur’an lho sob, terdapat pada QS surat Al Qashash dari ayat 76 sampai ayat 83. Nah dari situ tuh muncul ceritanya.. makanya kalau punya Al-Qur’an itu dibaca sob, kalau ada terjemahannya dibaca juga.. jangan cuman dijadiin pajangan aja di rumah.

Okedeh ane coba jelasin dengan versi ane ya sob, intinya sama tapi cuman kalimatnya aja yang beda, biar kalian para sobat kenapain paham gitu.. nek mau langsung ke sumbernya ya langsung buka aja sob Al-Qur’annya dan dibaca yaa. Begini ceritanya sob, Cekidot !!

mumi firaun

Pada zaman nabi Musa AS menjadi pemimpin Bani Israil, ada seorang manusia super bernama Qorun. Si Qorun ini adalah salah satu pengikut nabi Musa AS sob, dia adalah salah satu murid nabi Musa yang taat dalam beribadah. Karena sangat sibuk dengan ibadahnya, Qorun sampai tidak memikirkan masalah duniawi sob. Alhasil kehidupan Qorun dan keluarganya berada dalam kemiskinan dan serba kekurangan. Karena dia rajin dalam beribadah, Qorun pun sangat dikenal dan termasuk ulama yang disegani pada masa itu.

Istri Qorun namanya ilza, istri Qorun ini adalah istri yang sering mengeluh dan banyak nuntut ke suaminya sob (ternyata memang cewek seperti itu ya dari dulu). Nah karena si ilza ini sering memarahi mengeluh kepada si Qorun, akhirnya si Qorun ini takut mengalah sob.

Suatu hari datanglah dua pemuda ke rumah qorun. Mereka sih ngakunya utusan raja Gholan. Kedua pemuda tersebut membawa banyak sekali emas untuk diserahkan kepada si Qorun. Qorun pun kebingungan kenapa dia medapat emas sebanyak itu dari sang raja. Ternyata sang raja memberi Qorun banyak emas karena Qorun adalah ulama besar yang kondang hingga sang raja mendengar berita tersebut. Akhirnya sang raja memberi penghargaan kepada si Qorun atas kerja kerasnya selama ini. Gitu sob.. enak ya

Eh ternyata si Qorun ini menolak pemberian sang raja. Si qorun menganggap dia tidak berhak menerima pemberian raja, karena selama ini dia melakukannya dengan ikhlas karena Allah SWT (Super sekali pak !). Berkali-kali utusan raja tersebut datang kepada Qorun, akan tetapi selalu ditolak olehnya.

Suatu ketika datanglah kedua pemuda tersebut, akan tetapi mereka tidak menemui Qorun melainkan mereka menemui istrinya. Alhasil harta dari raja yang diberikan kepada Qorun pun diterima oleh istrinya tersebut (Jangankan emas, liat diskon aja cewek udah hilang akalnya :P).

Qorun pun kaget mengetahui bahwa istrinya menerima hadiah tersebut. Karena melihat istrinya bahagia dengan harta yang dimilikinya, akhirnya Qorun membolehkan istrinya menerima harta yang diberikan raja tersebut. Setelah kejadian itu kehidupan Qorun pun berubah. Dia sekarang menjadi hidup serba kecukupan, hidup enak dan bergelimang harta. Semenjak itu Qorun mulai berpikir untuk menambah harta tersebut dengan mencoba berbisnis dan berniaga

Ternyata usaha yang dilakukannya membuahkan hasil. Qorun pun menjadi semakin kaya dan sibuk dengan pekerjaannya. Terlebih istrinya yang meminta agar mengurangi beribadah dengan nabi Musa dan memperbanyak berniaga (udah kaya sinetron religi ya). Semakin lama Qorun semakin kaya, dan akhirnya Qorun menjadi orang yang pelit dan kikir. Qorun akhirnya sibuk menghitung-hitung hartanya.

Suatu saat sahabat Qorun mengingatkan bahwa harta yang didapatkannya itu bukan sepenuhnya miliknya dan harus dizakatkan. Mendengar hal itu Qorun pun segera menemui nabi Musa dan menanyakan hal tersebut. Nabi musa menjelaskan bahwa zakat yang dikeluarkan jika mempunyai seribu dirham adalah satu dirham. Memiliki seribu kambing zakatnya satu kambing (zaman nabi musa enak ya zakatnya dikit bner, wkwkwk). Setelah mendengar hal itu, Qorun mulai menghitung hitung kekayaannya, ternyata setelah dihitung zakat yang dikeluarkan Qorun lumayan banyak. Akhirnya dia berpikir untuk tidak menzakatkannya dikarenakan dia sudah bekerja keras selama ini tapi hanya dibuang untuk zakat (Ga kebayang deh brapa hartanya si Qorun ini). Dia juga menuduh zakat hanyalah untuk kepentingan nabi Musa saja.

Semenjak itu Qorun pun selalu berpikir buruk tentang nabi Musa. Dia selalu mencari cara agar nabi Musa bisa dipandang buruk oleh umatnya. Qorun menghasut saudagar dan pedagan agar tidak mengikuti Musa. Terlebih lagi dia memfitnah nabi Musa melakukan zina terhadap seorang perempuan.

Mendegar hal tersebut nabi Musa murka dan berdoa kepada Allah. Allah pun mengabulkan doa nabi Musa dengan menghukum Qorun. Suatu hari adzab Allah kepada Qorun pun tiba. Ketika Qorun sedang berjalan di padang pasir beserta pengikutnya, tiba-tiba bumi bergoncang begitu keras kemudian membelah (serem banget sob). Saat itu pula Qorun beserta pengikutnya terjatuh dan tertelan kadalam bumi. Semua harta milik Qorun pun ikut terkubur di dalam bumi.

Yak, jadi begitulah sob cerita singkat tentang si Qorun. Semenjak itulah setiap menemukan harta di dalam bumi disebut harta karun. Karena masyarakat berpikir bahwa itu adalah harta milik Qorun sehingga menyebutnya harta karun sob. Nah sekarang sudah pada tau kan asal usul nama harta karun.. Kalau yang pengen baca sumbernya baca di Al-qur’an sob. Ada di surat Al Qashash dari ayat 76 sampai ayat 83  Buruan sob dibuka Al-Qur’annya..

Jadi inget sob, mencari harta itu boleh tapi jangan sampai melupakan akhirat ya sob. Oh iya harta yang paling berharga itu ternyata bukanlah emas ataupun uang sob. Tau gak apa ? hmmm... ini dia sob.

harta yang paling berharga adalah keluarga cemara

Bener ga sob ? Kalau ga percaya makannya buruan berkeluarga gih, wkwkwk. Btw yang tau film keluarga cemara harusnya sekarang udah pada berkeluarga dong, harusnya sih.. wkwkwk.. (sakit). Kalau misal temen sobat kenapain ada yang punya harta karun, sobat boleh kok ambil harta karun tersebut, nih gambarnya..

ngupil lucu

Atau mungkin sobat kenapain mau cari harta karun sendiri ?

ngupil banci lucu jijik

Wkwkwk.. sudah mulai mabok nih ternyata ane. Yasudahlah ane tutup sampai sini aja artikel ini. Pokonya jangan lupa pantengin dan buka kenapain sob, banyak pengetahuan yang sobat dapet disini. Dan yang terpenting adalah jangan lupa share yaa.. See you next articel.. Daaaaaaa

meme harta karun