Minggu, 12 Juni 2016

kenapa keju bolong bolong ?

Kenapa keju bolong bolong ?

keju bolong bolong

Hai Sobat Kenapain :) , akhirnya sempet juga nih ngepost walaupun malem-malem gini dengan mata terkantuk-kantuk tetep ane usahain ngepost buat sobat kenapain nih.. hehe. Sobat kenapain tau ga sih kenapa keju bodong-bodong ? Jangan-jangan belum pernah liat keju yang bolong-bolong lagi, atau malah lebih parah lagi belum tau apa itu keju.. wadow hidup di gua lu sob ?

Sedikit bocoran nih sob yang belum tau keju, keju itu adalah nama seorang aktor indonesia yang cukup tampan dan pemberani, berkulit putih dan disukai banyak wanita, dan seringnya sih main sinetron.. ini dia penampakannya

Kenapa Kevin Julio

Nah sekarang sobat kenapain sudah pada tau kan apa itu keju, keju adalah singkatan dari KEvin JUlio sob. Ituloh artis yang bisa jadi serigala.. yang maen di sinetron Ge Ge Es, Ganteng-Ganteng Segaw0n.. wkwkwk. (mulai gilak). Keju itu makanan sob, terbuat dari susu yang difregmentasi.. Yak ane anggep sobat kenapain sudah pada tau lah ya jadi ga usah dibahas panjang lebar. Sekarang pertanyaannya, sobat kenapain sudah pernah liat keju bolong-bolong belum nih ?

meme keju bolong bolong

Sobat kenapain yang belum pernah liat keju bolong-bolong berarti maennya kurang jauh sob, makannya kalau maen jangan di depan hape terus tiap hari, dan jangan jarang buka kenapain sob., jadi ga tau kan info-info terbaru.. walaupun cuman main di kamar doang tapi kalau mainnya sambil buka kenapain dijamin deh wawasan nambah.. wkwkwk

Okedeh sobat kenapain yang belum pernah liat keju bolong-bolong ane maklumin, soalnya keju bolong-bolong itu hanya ada di swiss sob.. makanya mainlah ke swiss, disana banyak anak kecil udah pada pinter bahasa bule sob, wuihh keren kan.. apalagi disana ada mobil sob, mobilnya bisa jalan kalau diisi bensin (yaiyalah). Swiss itu selain terkenal dengan jam nya, juga terkenal dengan kejunya sob yang bolong-bolong bulat dan rasanya gurih nyoi beneran dah...

Sobat kenapain minimal pernah liat lah ya di tipi-tipi noh, paling sering tuh di kartun tom and jerry sob. Biasanya di seri kartun tom and jerry kalau ada keju pasti kejunya bolong-bolong, kadang malah jerrynya bisa masuk ke lobangnya.. ya kann.. Lha terus kenapa kok kejunya bisa bolong ya ? Sobat kenapain tau gak nih ?

keju tom and jerry


Jadi gini sob, misteri kenapa keju itu bisa bolong-bolong adalah karena keju tersebut sudah digigiti oleh tikus-tikus nakal sob, wkwkwk. Ngga ding, becanda. Okedeh kita langsung ke pembahasan saja sob, Kenapa keju bolong-bolong ? Mari simak ulasan di bawah ini sob, Cekidot !

Pertama tama, yang harus sobat kenapain ketahui adalah bahwa keju itu banyak sekali jenisnya sob. Nah seperti yang dijelaskan di atas tadi, keju yang bolong-bolong itu keju yang jenisnya merupakan jenis keju swiss. Dalam keju swiss ini terdapat 3 bakteri sob. Yang pertama adalah bakteri Streptococcus Thermophilus. Keren banget kan sob nama bakterinya, nama bakteri aja keren masa nama kamu ga keren.. wkwkwk. Besok kalau punya anak kasi aja nama bakteri itu sob biar keliatan gaool dan bule-bule gitu. Padahal mah nama bakteri.. wkwkwk. Duh bablas deh ngetiknya.. Jadi gini, bakteri ini bekerja dalam proses pematangan keju sob. Yang kedua adalah bakteri Lactobacillus Helveticus. Nah yang ini gampang di inget, ada kata ticus nya, berarti bakteri yang berada pada keju. Dan yang terakhir adalah bakteri Propionibacterium Shermanii. Ketiga bakteri inilah sob yang menyebabkan keju swiss itu bolong-bolong. Udah gitu doang ? Tenang sob dibawah ini masih ada penjelasan lanjutan.. Cekibrot !

Pada saat keju telah digerayangi oleh ketiga bakteri tersebut pada suhu antara 22 hingga 26 derajat celcius, mulailah peran dari masing-masing bakteri ini. Streptococcus Thermophilus dan Lactobacillus Helveticus akan melepaskan asam laknat laktat kemudian dilanjutkan oleh Propionibacterium Shermanii yang bersifat gas dan memakan asam laktat tersebut.

Kemudian pada saat Propionibacterium Shermanii memakan asam laktat, bakteri ini juga menghasilkan karbondioksida sehingga terciptalah gelembung gas. Lalu gelembung gas ini membentuk kantong udara kecil dan kemudia pecah. Pada saat pecah munculah lubang-lubang pada keju yang mengakibatkan keju menjadi bolong-bolong sob.. Selain membuat keju menjadi bolong-bolong bakteri tersebut juga membuat rasa keju tersebut menjadi gurih dan nyooiiiii.. Jadi curiga nih jangan-jangan inilah resep rahasia tahu bulat !!.

Ternyata lubang-lubang dalam keju tadi bisa diatur sesuai keinginan sob. Kalau mau kejunya bolong gede tinggal atur aja tingkat keasaman, temperatur, dan lama waktu menyimpan. Bisa juga diatur agar kejunya bolong di tengah agar seperti donat. Jadi nanti menghasilkan makanan yang bernama donat rasa keju, atau keju bulat, digoreng dadakan..

Yak begitulah sob ceritanya kenapa keju di swiss bisa bolong-bolong, sobat kenapain yang ga suka dengan susu bisa mengganti dengan alternatif keju tadi sob, kalau punya susu tapi ga doyan tinggal cari aja tuh bakteri trus dibuat jadi keju deh.. gampang kan.. wkwkwkw.

For Your Information sob, ternyata, dari Keju bolong-bolong ini menginspirasi penyanyi cilik indonesia lho sob, dia adalah Tina toon. Tina toon terinspirasi keju bolong-bolong hingga akhirnya menciptakan lagu yang fenomenal dengan goyangan kepala ala-ala india gitu sob.. mama bolong-bolong, nenek bolong-bolong.. kurang lebih begitulah sob lirik lagunya.. bolong-bolong semuanyaaa..


Yeeee akhirnya kita sudah sampai pada penutup artikel. Gimana sob, sudah pada paham kan kenapa keju itu bolong-bolong ? Mungkin dari penjelasan ane di atas dapat menginspirasi sobat kenapain untuk melakukan riset atau uji coba dengan menggunakan bakteri lain agar tercipta keju yang numero uno (bahasa anak skripsi gitu..). Okedeh sampai disini dulu ya sob artikel tentang keju bolong., yang masih mau baca-baca artikel lain boleh sob.. masih banyak artikelnya.. tenang aja. Tinggal pilih deh, kategori artikel ada diatas sob.. Ga usah malu-malu, pencet aja apa yang pengen kamu pencet :P . Sebagai penutup ane kasih tebak-tebakan deh. Keju apa yang paling ga enak sob ? Jawabannya ada dibawah ini.. Daaaaaaa

meme gombal keju