Selasa, 21 Juni 2016

Kenapa bisa mabuk perjalanan ?

Kenapa bisa mabuk perjalanan ?

muntah ijo

Halo sobat kenapain:) , Tau gak sih kenapa kita bisa mabuk dalam perjalanan ? yang paling sering terjadi adalah saat kita menaiki kendaraan yaitu mobil. Ya kan ? Apalagi naik angkutan umum. Kok bisa ya ? Hubungannya apa ya naik kendaraan mobil dengan mabuk ? Kenapa kalau naik sepeda ga mabuk ? Sobat kenapain pernah berpikir kaya gitu ga ? Kalau ya berarti itu tanda-tanda sobat kenapain berpikir kritis, apa-apa ditanya, dikit-dikit ditanya.. cocok deh jadi wartawan.. wkwkwk

Sobat kenapain, ternyata mabuk perjalanan itu ada hubungannya dengan saraf kita sob, makanya bisa menyebabkan mabuk. Apakah itu ? okedeh mari kita simak penjelasannya dibawah ini.. Cekidot !!

Sobat Kenapain, Manusia mempersepsi gerak itu melalui tiga input sistem syaraf, yaitu visual, proprioseptif, dan vestibular. Apa itu ya ? Wah bahasanya udah mulai ke bidang mumet nih.. hehe. Nanti tak jelasin bahasa gampangnya sob..

Mabuk perjalanan itu muncul karena terjadi perbedaan antara apa yang dilihat mata kita dengan apa yang dipersepsi sistem vestibular kita di dalam telinga sob, serta apa yang dipersepsi sistem sensori tubuh kita mengenau kecepatan dan arah pergerakan tubuh. Kalau bingung bacanya pelan-pelan aja sob.. wkwkwk

Begini sob, ketika kita berfokus pada objek diam di dalam mobil, otak menerjemahkannya sebagai objek statis, tapi sensor lain merasakan getaran. Nah yang satu menganggap kita sedang diam, sedang yang satu menganggap kita sedang tidak diam, jadilah ketidakcocokan dalam tubuh kita yang menyebabkan kita mual..

Misalnya saat mobil mau berbelok, kalau kita berada di tengah atau dibelakang tuh, kan kita ga tau kapan mobil mau belok, tiba-tiba aja belok, sedangkan tubuh kita belum mempersiapkan kalau mau belok, jadilah konflik batin dalam diri kita dan menyebabkan mual.. gitu sob gampangnya..

Gitu aja sih sob.. Jadi Intinya ketiga saraf dalam tubuh kita tadi terjadi konflik sob, tidak selaras, sehingga menyebabkan saraf pada tubuh kita tidak berjalan normal dan terjadilah mual dalam diri kita.

Nah trus gimana biar kita ga mual ? Oke, jika kita melihat dari pemaparan diatas, sobat sudah bisa mulai mikir penyebabnya kan.. jadi penyebabnya mata dengan sensor tidak sinkron. Jadi ya kita sinkronkan saja dengan duduk di mobil paling depan, bukan depan mobil loh yaa.. samping sopir, kalau bisa malah jadi sopirnya sekalian.. ga mabuk deh sob. Karena kita bisa melihat dan mempersiapkan apa yang akan terjadi antara mata dengan tubuh. Misal di depan ada polisi tidur tuh, nah kalau duduknya di depan kan kita sudah lihat, jadi tubuh otomatis sudah mempersiapkan akan datangnya polisi tidur itu sob, jadi antara mata dan tubuh ga bentrok, akur-akur aja sob..

Sebaliknya hindari duduk persis diatas ban mobil sob, secara gitu diatas ban mobil otomatis goncangan yang di dapat paling kerasa.. alhasil lebih mudah untuk mabuk daripada orang yang duduk di depan atau tengah.

Ga hanya naik mobil sob, semuanya juga gitu asalkan mata sama tubuh ga sinkron, naik kapal laut ataupun kapal terbang juga bisa mabuk.. Nah dari penjelasan di atas kita jadi tau kan kenapa kalau naik sepeda kita tidak mabuk ? Kecuali sobat kenapain naik sepedanya di dalem mobil ya bisa jadi..

mr bean episode pesawat muntah

Oh iya ada lagi sob penyebab mabuk selain dari saraf kita yang bentrok, yaitu kita naik angkot.. dan di dalem angkot ada yang pake minyak berlebihan, ada yang kentut atau berak dicelana.. dijamin deh mabuk lu sob.. wkwkwk

Melihat orang lain sedang mabuk, mual, dan muntah juga bisa membuat kita jadi ketularan mual lho sob.. Kok bisa ya ? Penjelasannya mirip-mirip sama ini sob..  Kenapa kita menguap ? dibaca aja yaa..

Itu salah satu mencegah mabuk berdasarkan pemaparan diatas. Kalau diluar konteks penjabaran tadi, masi ada cara lain untuk mencegah mabuk sob, bisa dengan minum obat anti mabuk, atau bisa dengan tidur terus di dalam kendaraan.. Nah yang paling mujarab nih.. ga usah naik kendaraan yang menyebabkan mabuk sob.. kemana-kemana naik sepeda aja.. hehe.

Mabuk itu ga enak ya sob, rasanya mual dan pengen muntah, baik mabuk darat, laut, maupun udara tetep aja ga ada yg enak. Yang enak itu ya dimabuk asmara.. dimabuk cinta.. ciaaaa

meme klinik tong fang mabuk

Okedeh sob, sekian dulu artikel kali ini, bentar lagi kan pada mau mudik lebaran tuh, share artikel ini ke temen kalian sob biar temen-temen atau saudara kalian tau trus mencegah mabuk deh.. Makasi sob udah baca.. ketemu lagi next artikel yaa.. DAAAAAAA