Rabu, 15 Juni 2016

Kenapa tahu bulat digoreng dadakan ?

Kenapa tahu bulat digoreng dadakan ?

kenapa tahu bulat
Halo sobat kenapain :D , Ketemu lagi dengan ane. Kali ini ane mau bahas mengenai makanan yang lagi booming nih. Yap Tahu Bulat !! (Padahal mah udah lama). Ane tebak ni sobat kenapain pasti pada sudah tau apa itu makanan tahu bulat, yang belum pada tau berarti maennya kejauhan sob..

Walaupun kalian sudah pada tau tahu bulat, tapi ane yakin pasti ada yang belum pernah ngerasain makan tahu bulat kan, rasanya itu fenomenal banget sob., rugi kalau ga beli mah.. gurih enyoooiiii.. Saking fenomenalnya nih bahkan makanan sekelas chitato membuat produknya dengan rasa tahu bulat sob.. nih dia penampakannya..

citato tahu bulat

Gimana sob, mantab kan.. Udah pada beli belum tuh chitato rasa tahu bulat.. wkwkwk. Ga cuman dibuat rasa di snak sob, sekarang pun juga sudah ada gamenya.. sudah populer dan booming polll... hampir ngalahin game Legenda Kles Of Klen sob.. yang belum tau bisa search di google play deh game tahu bulat. Nih dia sedikit penampakannya..

tips game tahu bulat

Kalau sobat kenapain penasaran dengan gamenya, langsung download aja sob.. tapi ketagihan ditanggung sendiri ya :p

Oh iya, yang pengen jualan tahu bulat ga perlu gengsi sob, jualan tahu bulat itu untungnya gede lho.. bahkan robot transformer yang satu ini pensiun dari dunia perobotan dan banting setir sob..

meme tahu bulat


Okedeh langsung ke topik pertanyaannya, kenapa tahu bulat digoreng dadakan ? Usut punya usut ternyata tahu yang bulat dan gurih enyoi itu digoreng dadakan bukan karena agar sama dengan lagunya sob, tetapi memang memiliki alasan tertentu kenapa tahu tersebut digoreng dadakan. Sobat kenapain sudah ada yang tau belum nih.. Mungkin sobat kenapain hanya ingin mencari tau..

meme tahu

Sebenernya ane sih tau semuanya sob..

meme tahu terbaru

Tapi sebener e ane juga ga ngira sih, tau-tau udah kaya gini aja..

meme tahu tahu bulat

Baiklah, kita mulai dari jawaban sang pembuat tahu sob., beginilah jawaban dari sumber abang-abang penjual tahu bulat guurih enyoi..

pak tahu bulat
Gimana sob, udah paham kan.. kenapa digoreng dadakan ? alasannya cukup simpel.. Karena kalau direncanain jauh-jauh hari sering ga jadi kan.. Biasalah orang indonesia.. wacana doang ga gerak gerak.. wkwkwk

Ternyata alasan tahu bulat digoreng dadakan itu ada alasan ilmiahnya sob, penjelasannya akan kita jabarkan dibawah ini..

penjual tahu bulat
Jadi beginilah sob alasannya, menurut pemaparan dari lulusan dari Teknik Kimia Institut Teknologi Bandung tahun 1999, yang melanjutkan ke jenjang pascasarjana di Universitas New South Wales bidang Bioteknologi sampai tahun 2001 dan mendapat gelar doktor dari Institut Pertanian Bogor bidang Teknologi Pertanian tahun 2015, Irvan Kartawiria mengatakan di twitternya bahwa  tahu bulat digoreng dadakan itu berkitan dengan yang namanya termodinamika sob, lho kok bisa ya ?

Pada saat proses penggorengan, tahu bulat dicelupkan ke dalam minyak dengan suhu antara 150–160 drajat celcius sob. Pada suhu ini air pada tahu akan berubah fase dengan cepat. Akibatnya adalah ekspansi ke segala arah, dan ukuran tahu bulat bertambah searah diameter dan permukaannya merata menjadi bulat sempurna sob..

Reaksi Mailard di permukaan tahu bulat ini yang membuat warna menjadi kecoklatan dan membentuk struktur crust secara fisik yang cukup kokoh. Tapi karena struktur crust ini berpori, maka tekanan uap dari dalam tahu bisa keluar, yang mengakibatkan tekanan akan berkurang setelah tahu diangkat sob..

Maka dari itulah tahu bulat harus digoreng dalam jangka waktu sedekatnya dengan pembeli, oleh karena itulah maka tahu tersebut digoreng dadakan.

Mantab kan sob penjelasannya.. wkwkwk. Kalau yang puyeng dengan bahasa yang berat dan intelek diatas, mungkin gambar dibawah ini dapat membantu pemahaman sobat kenapain kenapa tahu bulat digoreng dadakan.

kartun tahu bulat
Nah gitu sob, paham kan.. kalau ga digoreng dadakan ntar tahunya lemes sob, jadi kempes dan tidak menarik.. Kalau padat berisi ngembang dan kenyal kan menarik banget sob, bikin orang yang liat pengen pegang makan.. wkwkwkw.

gambar tahu bulat

Sobat kenapain makin tau kan yak, gambar diatas kan sudah jelas menunjukkan bahwa tahu bulat itu isinya banyakan angin doang alias kopong, kalau ga cepet cepet dimakan ya jadinya kempes sob..

gambar kartun tahu bulat

Okedeh, sampai disini dulu ya sob artikel tentang tahu bulat ini, penjelasannya ga begitu panjang tapi semoga paham. Buat sobat kenapain yang apa-apa suka dadakan mending ngelamar jadi penjual tahu bulat sob, cocok banget dengan potensi yang dimiliki sobat, daripada potensi tersebut tidak dimanfaatkan, mending buat jualan tahu bulat dadakan. Atau mungkin sobat kenapain tercetus ide bikin tempe gurih nyoi, tempe bulat dadakan mungkin, atau nasi goreng dadakan.. karena dadakan jadi menanak nasinya nanti pas ada yang pesen sob.. wkwkwk..

Makasi sob sudah mau baca artikel di kenapain, pokoknya tongkrongin terus deh nih blog, karena bakal banyak kelewat info kalau ga ngikutin.. Ane mah udah ga pengen tau apa-apa lagi sob, cuman pengen tau isi hati dedek.. ciaaciiaaaa...

“Tahu Buat…..
Digoreng…
Dadakan…..
500an……,
anget-anget ...,
Wakwaw......,”

meme tahu bulat robin