Sabtu, 11 Juni 2016

Kenapa ada imsak ?

Kenapa ada imsak ?

imsak imsak

Halo sobat kenapain :) , ketemu lagi deh dengan ane, mulai sekarang tak sempet sempetin update artikel tiap hari deh buat kalian sob, kalau misal ada pertanyaan atau masukan boleh komentar dibawah.. kalau mau share lebih boleh lagi :D

Oke, kali ini ane mau bahas tentang imsak sob, imsak itu apa sih ? Nih.. kebangetan kalau ga tau imsak, ketahuan ga pernah puasa nih.. malu sob udah gede masa ga tau imsak, imsak itu shalat wajib setelah shalat wajib sob..


Nah sekarang sudah tau kan sob apa itu imsyak.. wkwkwk. Kalau masih belum paham juga, atau mungkin ada anak tahun 80-90an, imsak itu temennya ateng.. kalau ga tau ateng brarti sobat kenapain pas saat itu belum lahir.. mungkin mama papanya masih "ihik ihik"


Duh ngaco lagi dah.. nanti yang ga tau apa itu imsak bisa baca penjelasan ane dibawah ini sob. Tenang, yang dibawah ini udah ga ngaco lagi kok.. hehehe.
 
Sobat kenapain tau ga sih kenapa habis sahur itu ada imsak ? Pasti dalam hati jawab “ya iyalah ada imsak, imsak kan batas makan sahur dan mulai berpuasa” cieee bener kan.. (sotoy nih). Yak, mungkin banyak dari sobat kenapain yang berpikir seperti itu. Ga salah juga sih punya pemikiran seperti itu, tapi apa iya jawaban dari pertanyaan imsak seperti itu ? Sobat kenapain bisa jawab seperti itu kan karena pengalaman, dan terlebih sudah tau karena keseharian sobat kenapain memang seperti itu. Tapi hal seperti itu belum tentu benar sob. Lalu kenapa ada imsak di kampung-kampung dan di tempat lainnya di indonesia ? Okedeh pembahasannya ada dibawah ini nih.. Cekidut !

Kalau diruntut ke sumbernya, imsak itu ga ada dasarnya dan tidak ada di hadis lho sob. Berarti adanya imsak itu bukan tuntunan nabi dong ? Yap, ternyata Imsak itu ternyata hanya dikenal di Asia Tenggara sob, karena dikenalnya hanya di asia tenggara jadi kemungkinan adanya imsak itu hanya ada di tempat itu sob, masa iya kalau ada di seluruh negeri tapi di amerika ga tau imsak., katrok dong amerika.. wkwkwk.

Nah asal usul imsak sendiri ternyata belum diketahui sob, siapa pembuat atau pencetus imsak tersebut masih menjadi misteri sampai sekarang.. Bisa jadi kakek sobat kenapain dulu yang membuat atau pencetus imsak, buruan gih dipatenkan supaya ga diambil orang.. dan menjadikan keluarga sobat terkenal deh. Wkwkwkw (ngaco).

Lafadz Imsak itu sendiri berawal dari lafadz masaka yang berarti menahan diri sob. Menurut analisa ane nih, sang pembuat imsak itu mempunyai niat baik sob, agar kita ada waktu untuk siap-siap melaksanakan shalat shubuh di masjid. Nah karena hal tersebut dilakukan secara terus menerus dan turun temurun, maka jadilah sekarang ini banyak umat islam di Indonesia menganggap bahwa batas makan sahur adalah imsak.

Rasulallah SAW bersabda:
"Jika salah seorang dari kamu mendengar adzan, sedangkan ia masih memegang piring (makanan), maka janganlah ia meletakkannya hingga ia menyelesaikan hajatnya (makannya)”
[HR. Imam Ahmad, Abu Dawud, Hakim, dishahihkan oleh Adz Dzahabi]

Nah dari hadis diatas juga dijelaskan bahwa waktu zaman nabi Muhammad SAW tidak terdapat imsak, karena langsung subuh, dan di hadis tersebut malah sudah masuk adzan subuh tapi masih makan trus suruh menghabiskannya.

Justru disunnahkan untuk mengakhirkan makan sahur sampai mendekati waktu adzan sob, Nabi Muhammad SAW memulai makan sahur dalam selang waktu pembacaan 50 ayat yang tidak panjang dan tidak pendek sampai waktu  adzan subuh

Dari Zaid bin Tsabit radhiyallâhu ‘anhu,
“Kami makan sahur bersama Rasulullah, kemudian bangkit untuk mengerjakan shalat. Saya (Anas bin Malik yg meriwayatkan dari Zaid,) bertanya, ‘Berapa lama jarak antara keduanya (sahur & adzan)?’ (Zaid) menjawab, ‘(Sepanjang pembacaan) 50 ayat'
(HR.Bukhari& Muslim).

Sedangkan menurut al-qur’an terdapat pada surat al-baqarah ayat 187 :
"Dan makan dan minumlah kamu hingga terang bagimu benang putih dan benang hitam yaitu fajar"
(QS. Al Baqarah : 187)

Sobat kenapain, jadi batas makan sahur itu bukanlah imsak, melainkan adzan subuh sob. Nah sobat kenapain jadi tambah tau kan, imsak itu dibuat agar orang yang pada sahur mengetahui waktu bahwa sebentar lagi subuh. Jadi bukan batasan bahwa waktu sahur telah selesai, melainkan hanya untuk mengingatkan.

Nah sobat kenapain sekarang kalau ada yang bilang imsak ga usah panik trus muntahin makanan sob, apalagi sampai kaget trus lempar piring (lebay), yang baiknya dilakukan adalah sesegeramungkin menghabiskan makanan yang tersisa sob. Begitulah sob sejarah misteri imsak.. oh iya sebelum ane tutup ada petuah ni di gambar bawah ini.. sampai ketemu di artikel berikutnya ya.. Daaaaaa