Sabtu, 07 Mei 2016

Kenapa Feses/Tahi/Pup/Kotoran itu berwarna Kuning?

Kenapa Feses/Tahi/Pup/Kotoran itu berwarna Kuning ?

kenapa feses/tahi/pup/kotoran

Haloooo sobat kenapain :) , tau gak sih kenapa tai itu bisa terapung ? eeee salah.
Tau gak sih kenapa Feses/Tahi/Pup/Kotoran itu berwarna kuning ? Pertanyaan ini muncul saat ane lagi berak di sungai dan tiba-tiba melihat sesosok kuning mengambang melewati sela-sela dengkul ane, lalu dapatlah inspirasi menulis ini. Sampai rumah kepikiran, ga tenang, gundah, galau... aaaaaaaaaaaa.


Sobat kenapain tau ga, tai kita itu kalau diamati lama warnanya ga cuman kuning lho, setelah ane amati seharian di kamar, kadang ada coklatnya dikit, trus ada lembek dan encer dikit, kalau di kasi roti tawar kayaknya boleh juga, sambil dibayangin enak sob.. wkwkwwk. 


Setelah melakukan riset yang melelahkan, ane akhirnya mendapat pencerahan sob, menurut prediksi ane kenapa kok tai itu warnanya kuning itu ada beberapa kemungkinan. Mau tau apa saja kemungkinan itu ? mari kita simak ulasannya dibawah ini. Cekidot !


1. Supaya Menarik Perhatian
Warna kuning adalah warna yang paling menarik perhatian. Maka dari itu sob papan peringatan itu banyak yang warnanya kuning, supaya perhatian kamu tertarik ke situ sob. Nah, demikian juga dengan tai. Dengan tai itu warna kuning, maka pastinya perhatian kamu akan tertuju ke tai itu dan dengan spontan kamu akan berteriak dengan semangat, "Eh, tai lu!!". Coba kalo warnanya ungu atau pink. Pasti kamu gak akan bereaksi seperti itu.
2. Warna Kuning Menimbulkan Perasaan Frustasi dan Marah
Biarpun suka dibilang sebagai warna eek dan warna ceria, tapi warna kuning ternyata bisa menimbulkan perasaan frustasi dan marah lho sob. Penelitian membuktikan bahwa seseorang akan lebih mudah marah jika berada di dalam kuning-kuning, maksudnya ruangan berwarna kuning sob, dan bayi setan akan lebih sering menangis jika berada di ruangan kuning. Nah, coba nih kalo ada yang bilang ke kamu gini sob, "Tai lo!" Kamu pasti seneng frustasi dan marah kan? Begitu juga kalo kamu tiba-tiba melihat ada banyak tai di kamar indah kamu. Kamu juga pasti frustasi dan marah dong? Kalo tainya warna ungu, ntar kamu merasa nyaman trus tainya kamu biarin gitu aja lagi di kamar kamu.
3. Karena Warna yang Lain Itu…
Ungu itu warna janda, pink itu warna cowok gay. Tai itu bukan gay dan tai jelas bukan janda. Jadi yah, gitu deh sob... wkwkwkwwk.

Yak itu tadi baru analisis dari ane sob, secara ane kan cerdas, tampan dan berani jadi pinter analisis-analisis getoo...(padalah mah kadang kumat). Jadi sobat kenapain sudah tau kan kenapa tai berwarna kuning.. besok-besok nek ditanya guru kenapa tai warna kuning, nah sobat kenapain jadi bisa jawab deh.. wkwkwk.

Padahal sobat kenapain udah baca serius pengen tau jawabannya, eh malah jawabannya dapet dari tai ane ngaco yak. Gini sob jawaban ilmiahnya, walaupun tai tapi bisa dipikir ilmiah lho sob, yang pengen tau jawaban ilmiahnya berikut ane sajikan dibawah. Cekidot Part 2 !

Feses umumnya berwarna Kuning di karenakan Billirubin sob, billirubin itu sel darah merah yang mati, yang juga merupakan zat pemberi warna pada feses dan urin getoo. Bilirubin adalah pigmen kuning yang dihasilkan oleh pemecahan hemoglobin (Hb) di dalam hati (liver) kita. Bilirubin dikeluarkan melalui empedu dan dibuang melalui feses. Fungsinya untuk memberikan warna yang kuning kecoklatan pada feses.

Nah, sekarang teman2 sudah tau kan, mengapa Feses kita Kuning? hehe

Berhubung tadi udah pada kecewa dengan jawaban yang ngaco, selanjutnya ane kasi bonus deh. Ane kasih warna-warna feses atau tai manusia selain warna kuning sob, padahal kan warna kuning udah fenomenal untuk tai, tapi masih ada warna lain sob.. Cekidot Part 3 !

1. Warna Kuning Kecoklatan
Feses berwarna Kuning adalah normal. Karena Feses manusia pada umumnya adalah warna ini. Warna keCoklatan ato keKuning-kuningan ini disebabkan karena feses mengandung suatu zat berwarna orange-kuning yg disebut Bilirubin, seperti yang ane jelasin diatas tadi.


2. Warna Hitam
Feses berwarna Hitam bisa jadi mengandung darah dari sistem-sistem pencernaan sebelah atas, kerongkongan, lambung ato jg bagian hulu usus halus. Mengapa mengandung darah tetapi berwarna kehitaman ? Sedangkan darah kan warnanya Merah ?
Zat Lain yg memberi warna Hitam ke feses kita bisa jg dari zat2 makanan berwarna Hitam, timbal, pil yg mengandung besi, pepto-bismol ato blueberry gitu sob.

3, Warna Hijau
Feses warna Hijau didapat dari Klorofil sayur-sayuran. Feses Hijau jg bisa terjadi pada diare, yakni ketika bahan pembantu pencernaan yg diproduksi oleh hati n disimpan dalam empedu usus tanpa pengolahan atau perubahan.
Ada kejadian khusus pada bayi di mana jika feses ini berwarna ijo dianggap feses normal sob, khususnya ketika bayi itu baru aja dilahirkan sob.

4. Warna Merah
Seperti layaknya feses hitam, tetapi bedanya feses merah ini dominan diberi oleh kandungan darah. Darah inilah yang di dapat dari sistem pencernaan pada bagian bawah. Wasir dan radang usus besar adalah yang menjadi penyebab utama Feses ini menjadi berwarna merah. Eh... makan tomat jg bisa membuat feses jadi merah lho sob

5. Warna Abu-abu / Pucat
Sama halnya dalam dunia manusia, wajah pucat menandakan orang yang sakit bukan ? Kali ini feses pucat pun menandakan jika si empunya Feses sedang dilanda sakit. Biasanya sang empunya akan sedang mengalami penyakit Liver, pankreas, ataupun empedu, maka pantat dari sang si empu akan berwarna abu-abu atau terlihat pucat

Ok.. itu tadi informasi seputar Feses Manusia sob... mayan kan  sob buat masukan dan pengetahuan tentang tai...wkwkwk. Sekarang sobat kenapain sudah tau kan kenapa tai itu berwarna kuning, kalau bosen liat tainya warna kuning bisa diganti kok sob warnanya, tinggal ikuti aja langkah diatas, mau warna hitam, merah, atau hijau, sesuai selera :D


Tenang sob, masih banyak artikel menarik disini, yang masih pengen baca-baca langsung saja menuju tekape, kelik aja sob home/berandanya, cekidot Kenapain