Kamis, 05 Mei 2016

Kenapa kapal bisa terapung ?

Kenapa kapal bisa terapung ?

kenapa kapal

Halo sobat kenapain :) , tau gak sih kenapa kapal itu bisa mengapung ? Padahal kan kapal terbuat dari besi yak, sejak kecil kita kalau masukin atau lempar besi ke air kan tenggelam, tapi kenapa kalau kapal bisa terapung. Dulu pas masih kecil ane pernah riset pake sumur tetangga ane sob, ane masukin deh rongsokan besi-besi ke sumurnya sama tmen ane, mulai dari paku, palu, tang, linggis, knalpot, dll.. eh tenggelam semua, sampe2 ane ama temen ane mau ditenggelemin juga sama tetangga ane gara2 main di sumur.. wkowkowkowo..

Balik lagi ke topik sob, kebiasaan kalau udah ngetik nglantur kemana mana, dulu ane mikir benda yang ga tenggelam di air itu benda yang ringan2 aja sob, kaya plastik, daun, bulu ayam, bulu bebek, bulu mata, bulu hidung, tai, dll. Teryata semua itu salah sob, maklum lah ane ga jago fisika.. wkwkwk. Semua itu ternyata ada di pelajaran fisika lho. Sama halnya dengan pesawat sob, malahan besi bukan terapung lagi tapi bisa terbang, wow.. sobat kenapain yang penasaran tentang pesawat bisa masuk ke sini " Kenapa pesawat bisa terbang ? ".

Jadi begini sobat kenapain, prinsip dasar terapung atau tenggelamnya sebuah benda adalah perbandingan antara massa jenis benda lebih besar daripada massa jenis air sob. Ketika massa jenis benda lebih besar daripada massa jenis air maka benda tersebut tenggelam, begitu juga sebaliknya. Tapi anehnya sob batang besi kan tenggelam di air yak, tapi kok kapal bisa terapung, padahal kapal ada yang membawa barang2 berat lho.. ada kapal yang membawa mobil, pesawat, rumah, koruptor (berat di dosa), dll. 

Massa jenis besi itu 7.900 kg/m³ sedangkan massa jenis air itu 1.000 kg/m³. Pantesan besi selalu tenggelam di air, terus bijimane ceritanye bisa kapal yang terbuat dari besi segede itu bisa terapung. Okedeh yang belum tau mari kita simak pembasannya dibawah ini. Cekidot !

Pernah naik kapal kan sobat kenapain, seenggaknya pernah liat kapal lah ya kecuali sobat kenapain hidupnya di goa baru ane percaya.. wkwkwk. Kapal itu bukan sebuah benda yang keseluruhannya besi sob, ada banyak ruang-ruang di dalam kapal. Ada ruang ABK, ruang makan, ruang mesin, ruang nahkoda, ruang dakocan, dll. Ruang-ruang ini banyak mengandung udara yang mengisi sela-sela kosongnya sob. Massa jenis udara itu hanya 1,2  kg/m³, jauh lebih kecil daripada massa jenis air dan besi kan sob. Akibatnya massa jenis kapal tak lagi murni massa jenis besi sob, bisa di bilang oplosan lah.. opo ora eman duite.. ceguk ceguk ceguk ceguk hekyaaa (mulai ga waras)

Jadi begitu sob alasannya kenapa kapal bisa terapung di air, udah di oplos sama udara, penempatan sama desainnya juga sudah diperhitungkan jadi bisa terapung getooohh. Itulah sebabnya kalau kapal ada yang bochor bochor jadi tenggelam sob, kapal titanic yang katanya ga bisa tenggelam aja jadi tenggelam gara-gara bocor.. Yak begitulah kira-kira sobat kenapain kenapa kapal bisa terapung dan tenggelam..