Rabu, 11 Mei 2016

Kenapa kita merem saat bersin ?

Kenapa kita merem saat bersin ?

kenapain merem

Halo sobat kenapain :) , tau gak sih kenapa kita merem (mata terpejam) saat bersin ? Coba deh amati orang yang lagi bersin pasti merem, kenapa ya ? Kalau menurut mitos sih kalau ga merem nanti bola bisa keluar.. kaya gambar dibawah ni.

kenapain melek

Sobat kenapain, pada saat bersin itu mata selalu terpejam. Sobat kenapain pernah bersin dengan mata terbuka nggak ? Siapa tau ada yang punya gaya bersin yang anti mainstream, ga biasa gitu. Misal bersin sambil salto atau bersin dikombinasikan dengan kentut, dll. Tapi selama hidup ane belum pernah nemuin berita tentang mata copot karena bersin melek. Jadi bener ga sih bersin sambil melek bisa bikin mata copot ? Kita bahas nanti sob..
                              
Sobat kenapain, kenapa kita merem (mata terpejam) saat bersin ? Itu terjadi udah otomatis sob, kayak reflek gitu. Hal ini terjadi karena saraf-saraf halus yang terdapat di mata dan hidung saling berdekatan sob. Maka, ketika bersin secara otomatis otot-otot halus yang berada di sekitar mata merespon dengan memejamkan (memeremkan, halah) mata sob. Hal ini untuk melindungi saluran air mani mata dan kapiler darah agar tidak terkontaminasi atau terinfeksi bakteri yang keluar dari hidung, gituu.


Nah terus bener gak kita bersin harus merem supaya bola mata gak loncat keluar? Dan ternyata jawabannya... sring ewer ewer ewer... Gak bener, Yay. Mata itu organ penting buat tubuh. Tuhan udah nambah 6 otot ekstra yang menahan mata agar tetap di tempatnya sob. Jadi kamu bersin sekencang apapun apalagi ditambah kentut yang aduhai.. tetep gak akan bikin bola matamu loncat ninggalin tempatnya sob.

Trus bisa gak kita bersin sambil melek? Kemungkinannya bisa, tapi bakalan kerja keras  sob, karena yang dilawan adalah reaksi spontan uhuy tubuh yang refleks itu tadi. Tapi kalo kamu penasaran, kamu bisa cobain, sebelum bersin rencanain buka mata selebar-lebarnya biar bisa liat banyaknya kuman yang berhasil dikeluarkan dari badan kamu sob.

Ada lagi penjelasannya lagi sob. Bersin itu dilakuin sambil merem supaya alergen, kuman yang keluar dari hidung dan mulut gak masuk ke mata yang bisa bahayain organ vital tubuh ini sob.


Oh iya, selain mata kita otomatis merem saat bersin, mata orang juga otomatis merem lho saat kita bersin di depan muka orangnya (yaiyalah). Gak perlu disuruh bersin sambil merem. Tubuh emang udah disiapin buat ngelindungin dirinya sendiri... gitu! Bersin ? ya merem aja Otomatis kok :P ,  Jangan lupa tutup pake tangan atau tisu /sapu tangan. Jangan bersin depan muka orang ya... ntar ditabok!



Oke sob, jadi sekarang sudah tau kan kenapa kalau bersin kita merem ? Singkatnya itu terjadi karena tubuh kita sudah terprogram begitu sob, reflek dengan sendirinya.